Sabtu, 21 April 2018

Servis Tanpa Antri, Auto2000 Serasa Rumah Sendiri

Disela-sela Tour de Auto2000 Jelang Pembukaan IIMS 2018 di JIExpo Kemayoran Jakarta

Brand Head Manager Auto2000 Vicky Fernando menunjukkan salah satu display kendaraan di dealer Auto2000 Bumi Serpong Damai (BSD) City Tangerang Rabu (18/4).
Disela-sela pelaksanaan pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta yang akan dibuka Kamis(19/4), Auto2000  mengajak wartawan dari berbagai daerah untuk menyaksikan inovasi pelayanan yang mereka lakukan di cabang Auto2000 yakni di cabang BSD City dan cabang Pekankemis. Seperti apa?

Dalam rombongan awak media yang disebut sebagai Tour de Auto2000 , Padang Ekspres menjadi satu-satunya media lokal Sumatera Barat yang diundang Auto2000 yang merupakan dealer resmi Toyota dengan jaringan lebih dari 118 cabang se Indonesia. Padang Ekspres berhimpun dengan 10 awak media dari berbagai daerah lainnya seperti Medan, Palembang, Lampung, Bandung, Malang, Surabaya, Kalimantan Timur. Mayoritas awak media tersebut merupakan jaringan Jawapos Grup.

Sehari sebelum pembukaan IIMS 2018 di JIExpo Kemayoran Jakarta, tepatnya Rabu (18/4) rombonhan awak media Auto2000 itu berkesempatan berkunjung ke Auto2000 Bumi Serpong Damai (BSD) City di Tangerang. Sebagai dealer ke 108 Auto2000 yang baru beroperasi petengahan tahun 2017 lalu, Auto200 BSD City memiliki konsep yang berbeda dari cabang lainnya. Dealer ini merupakan dealer percontohan yang menggunakan sistem pelayanan modern.

Konsep yang diusing cabang tersebut adalah modern in modularity, yakni konsep penataan modul-modul ruangan yang menimbulkan kesan modern dan disusun secara dinamis sebagai gaya hidup masa kini yang simpel dan bergerak cepat

Berdasarkan pantauan Padang Ekspres, untuk desain interior di ruangan Showroom dibuat sangat modern. Ketika memasuki area dealer pengunjung akan menemukan ruang-ruang tunggu layaknya gazebo modern. Di ruang tunggu itu ada kursi empuk, meja, dan televisi. Di bagian yang lain, ada ruang bermain untuk anak-anak.


Konsep desain baru dapat dilihat dari adanya keterbukaan antara ruang showroom dan servis area. Tanpa dibatasi sekat-sekat menjadikan display dapat terlihat hampir dari semua sudut ruangan tanpa mengabaikan privasi pelanggan Toyota. Selain itu pengaturan bangku dibuat untuk memudahkan mobilitas pelanggan saat bertransaksi, berdiskusi dan bersantai.

Sebagai mana yang dikatakan Branch Head Manager Auto2000 BSD City, Vicky Fernando, konsep keterbukaan ruangan bertujuan agar konsumen yang berada di area sales dan after sales merasakan fasilitas yang sama. Sehingga pelanggan Auto2000 akan merasakan diperlakukan spesial mulai dari awal pembelian sampai dengan sesudahnya (perawatan).

Bagi pelanggan yang melakukan perawatan di cabang tersebut, sembari menunggu mobil dibenahi, costumer dapat menikmati kudapan dari kafe yang terletak di dalam showroom.

Tidak hanya itu, untuk display (area pamer kendaraan). Auto2000 BSD City adalah outlet yang memiliki area pamer terbesar dari seluruh cabang Auto2000 yang ada di Indonesia. 7 unit kendaraan ditempatkan pada display tersebut.

Selain itu, disisi dinding kaca showroom, menggunakan motif batik sebagai kearifan lokal Indonesia, pola batik disadur dari desain suku cadang kendaraan sehingga Auto2000 tidak kehilangan identitas ke Indonesiaannya.

”Tempat ini sangat nyaman, dan juga sangat sering di tempat ini dijadikan lokasi rapat costumer sambil menunggu mobil diservis,” ucap Branch Head Manager Auto2000 BSD City Vicky Fernando kepada rombongan awak media.

Yang takkalah pentingnya, di tempat ini, customers baik yang menservis mobil maupun yang hendak membeli mobil tidak perlu antre untuk mendapatkan layanan. Dengan sistem Mobile Service Advisor Application, pelanggan tidak perlu mendatangi petugas.

”Justru, petugas kami yang akan datang menghampiri dan melakukan pendataan terhadap costumer,” ujarnya.

Selama masa perawatan, pelanggan dapat mengecek melalui layar yang ada di bengkel dan juga melalui aplikasi Auto2000 di handphone tentang progres pengerjaan mobil oleh mekanik Auto2000 itu.

”Kalau ditanya apa perbedaan dengan yang lain, di tempat ini kami memegang prinsip Feel Like Home, jadi serasa di rumah sendiri,” ucap Vicky Fernando yang sebelumnya pernah mencabat sebagai Kacab di Auto2000 Bukittinggi itu.

Sebagai Auto2000 percontohan, menurut Vicky, timnya juga diminta melakukan terobosan-terobosan. Apalagi, Auto2000 BSD City berada di kawasan elite. ”Kami selalu tekankan, big city, big opportunity,” kata pria asal Padang ini.

Karena berada di kawasan elite, penjualan mobil di tempat ini ditarget bisa menyasar kalangan menengah ke atas. ”Ya, Innova ke atas, meskipun untuk kelas bawah juga kami garap,” terangnya.

Untuk diketahui, Auto2000 Bumi Serpong Damai (BSD) berada di lahan 4.500 meter persegi dengan luas bangunan 7.962 meter persegi. Diler yang berdiri 2017 lalu itu memakan nilai investasi mencapai Rp 80 miliar.

Sementara itu, setelah dari Auto2000 BSD City, rombongan menuju Auto2000 Pasar Kemis yang berjarak sekitar satu jam perjalanan.

Auto2000 Pekankemis memiliki keunggulan tersendiri terutama luas lahan dealer ynag terbesar dari seluruh outled auto2000 di Indonesia dengan luas lahan 24.670 meter persegi.

Tidak hanya iti, dealeri ini merupakan satu-satunya diler di DKI dalam ruang lingkup Auto2000 yang bisa menangani kerusakan mobil elite seperti Lexus. Tak hanya itu, kerusakan ringan di tempat ini hanya membutuhkan waktu sehari untuk pembenahan.

Sementara itu, marketing komunikasi Auto2000 Cahaya Fitri Tantriani menyatakan, aneka macam pelayanan ini merupakan wujud dari memorable experience (pengalaman berkesan) di Auto2000.

”Kami ingin memberi pengalaman berkesan bagi customer dengan aneka pelayanan kami, karena pelayanan kepada costumer merupakan hal yang utama bagi kami di setiap cabang Auto2000 di seluruh Indonesia ini,” bebernya. (Cr17)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yusafni Didapati Keluar Rutan Tanpa Pengawalan

Yusafni Didapati Keluar Rutan Tanpa Pengawalan Klarifikasi : Kakanwil Kemenkum dan Ham Sumbar, Dwi Prasetyo Santoso (Tengah) di dampin...