Jumat, 11 Mei 2018

Sonya, Juara Semenjak Kecil Baru Saja Luncurkan album ke-9

Sonya, Juara Semenjak Kecil   Baru Saja Luncurkan album ke-9


Awal Mei ini, album terbarunya baru saja di luncurkan, baginya ingin terus berkarya merupakan harapan yang ingin selalu diwujudkannya, apa kabar penyanyi muda yang sudah memulai debut semenjak tahun 2004 itu?

Sonya- begitulah nama tenarnya, peluncuran album awal buln ini merupakan album ke 9 semenjak ia berkarier secara profesional sebagai penyanyi minang. Berbagai gendre musik pop minang, remix, dangdut, slow rock dan lawak mampu dilalapnya dengan sukses.

Rang Bukik Apik oi marandang kopi
Tampak nan dari lereang pandakian
Alah mamak oi di pandakian, ondeh kanduang oi

Sungguah maramuak hai di dalam hati
Di muko jan sampai kanampakan
Alah mamak oi ndeh kanampakan, ondeh kanduang oi

Jikok nak tau hai di rancak lado
Cubo siangi agak tigo kali
Alah mamak oi ndeh tigo kali, ondeh kanduang oi

Jikok nak tau hai di rancak jando
Cubo caraikan agak tigo kali
Alah mamak oi ndeh tigo kali, ondeh kanduang oi

Penggalan lagu di atas berjudul Randang Kopi merupakan bagian dalam album lawaknya itu. Di samping lagu lain seperti Sonia dan Ratok Mainggi. Dalam album ini Sonya berkolaborasi dengan penyanyi lawak yang sudah tidak asing lagi yakni Buset.

"Alhamdulillah baru mengorbitkan album lawak Sonya bersama Buset," ucap Sonya ketika dihubungi Padang Ekspres, kemarin (11/5).

Tidaknya itu, bersama Buset kembali ia juga tengah menggarap album ke-10 yang direncanakan akan diorbitkan usai lebaran tahun ini.

"Ya, album lawak Sonya juga sudah hampir selesai, kini tinggal waktu peluncurannya saja, mengingat baru saja meluncurkan album, jadi diberi waktu untuk jedanya," cetus istri dari Reymond Kuantan itu.

Bagi Sonya, sebagi penyanyi yang sudah berkiprah semenjak 15 tahun terakhir, terus berkarya secara konsisten merupakan mimpi yang ingin terus diwujudkannya.

"Ya setiap penyanyi tentu ingin selalu berkarya, dan Sonya bersyukur mampu melakukannya, apalagi dukungan keluarga memberikan semangat untuk Sonya dalam meniti karier ini," sebut bungsu dari empat saudara itu.

Diakui Sonya, talenta bermusiknya bukanlah hal yang lahir secara otodidak saja. Namun andil kedua orangtuanya yang memilki jiwa seni menjadikannya sangat dekat dengan seni semenjak kecil.

Buktinya, dimasa TK ia sudah sering tampil bernyanyi dan menjuarai sejumlah festifal kala itu. Dan ia pun tidak memungkiri banyak penghargaan yang sudah diraihnya semenjak kecil itu.

"Sejak kecil sudah sering lomba, menyanyi dan Fashion show, banyak piala di rumah ini, dan sekarang sudah banyak yang rusak akibat gempa padang tahun 2009 itu," kenangnya.

Untuk bernyanyi secara profesional dan melahirkan album. Dikatakan wanita kelahiran 13 Januari 1989 itu, di mulai kela itu Sonya masih menduduki bangku SMP persisnya kelas 2.

Ketenarannya manggung dan tampil di sejumlah pentas merupakan cikal bakal lahirnya album perdannya itu.

"Sonya sering tampil dan kebtulan bertemu dengan pak Agus yang juga kala itu sebagai Kepsek di SMP, ia mengajak Sonya untuk mengorbitkan album," sebutnya.

Tawaran itu bakgayung bersamput. Agus mendatangi orangtua Sonya dan menyebutkan keinginanya. Orangtua Sonya dengan hati terbuka dan penuh harapan menerima tawaran itu.

"Pak Agus mendatangi papa dan mama Sonya, dan tentu menerima tawaran itu, apalagi papa juga seorang anak Band, dan akhirnya lahirlah album Sonya," sebutnya.

Dalam album perdananya itu berikan sejumlah lagu seperti Bahayo Narkoba, Mimpi Parintang Cinto dan Rindu Di Ujuang Malam.  Hingga akhirnya semenjak dipersunting Reymond Kunatan yang taklain juga merupakan suaminya ia semakin yakin dan sudah memiliki managemen dan Studio rekaman sendiri.

"Kalau dari 9 album yang sudah edar itu, tiga diantaranya album duet dan lainnya album solo," terang ibunda dari Hanna Azzalika Mahya itu.

Namun, satu tahun terakhir ini. Diakui Sonya ia lebih selektif dalam memenuhi undangan panggilan mentas. Hal itu dikarenakan ia ingin fokus dahulu untuk membesarkan anaknya yang baru berumur sebelas bulan.

"Kalau untuk mentas memang saat ini sudah dikurangi, karena putri Sonya masih kecil. Kalau dahulu tidak ada batasnya untuk menerima tawaran," ungkapnya sembari tertawa kecil.

Bagi Sonya untuk job manggung di berbagai kesempatan dan daerah selalu ada pengalaman yang membuatnya berkesan. Namun baginya, menjaga kualitas suara tentunya adalah hal yang sangat dibutuhkan seorang penyanyi.

"Ya tentunya untuk konsumsi makanan dan minuman tidak berlebihan saja agar tidak mengganggu suara, yang penting itu jangan berlebihan," terang anak dari Jasnar dan Sabrin itu.

Sebagai penyanyi tidak banyak harapan yang ingin diraihnya. Tapi baginya, untuk terus berkarya secara konsisten dan diterima masyarakat merupakan harapan yang diinginkan semua penyanyi.

"Sebagai penyanyi tentu ingin terus diterima, yang penting kita tetap berusaha, karena Sonya yakin dalam setiap usaha dan doa akan membuahkan hasil yang kita inginkan, dan Sonya bersyukur memilki keluarga yang selalu mendukung aktifitas Sonya ini," sebut warga Asli Tilatang Kamang Agam itu.
Khairan_1990

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yusafni Didapati Keluar Rutan Tanpa Pengawalan

Yusafni Didapati Keluar Rutan Tanpa Pengawalan Klarifikasi : Kakanwil Kemenkum dan Ham Sumbar, Dwi Prasetyo Santoso (Tengah) di dampin...