Rabu, 16 Mei 2018

Polda Sumbar Tingkatkan Kewaspadaan

Polda Sumbar Tingkatkan Kewaspadaan


Padang --- Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) perketat penjagaan dan pengaman pascaserangan Mapolda Riau, Rabu (16/5).

Dari Pantauan di Mapolda yang terletak di Jalan Sudirman itu, memeriksaan ekstra setiap pengunjung dilakukan. Dan hal itu sangat kontras dengan kondisi kunjungan sebelumnya.  Tidak hanya itu sejumlah petugas penjagaan disiagakan berpakaian pengamanan lengkap dengan senjata laras panjang dan anjing pelacak (K9). 

"Memang reverensi kami bukannya terkait teror di Pekanbaru tapi juga yang di Surabaya, secara faktanya kami (Polisi) termasuk masyarakat menjadi korban, semua tidak mau terulang siapapun korbannya," ucap Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Sumbar, Kombes Pol Djihartono di Mapolda Sumbar.

Dikatakannya, sejauh ini polisi menjadi target aksi teroris. sehingga pihaknya melalui perintah Kapolri dan Kapolda melakukan perubahan formulasi pengamanan.

"Kami melakukan sesuatu yang bersifat mengubah demi pengamanan  kami (Polisi) dan masyarakat. Pengamanan itu tidak hanya di Mako tapi juga personil dan lebih khusus lagi petugas penjagaan. Begitu juga personel kami termasuk di Polres dan polsek harus tetap siaga," sebutnya.

Tidak hanya itu mengantisipasi di Mako, polisi juga meningkatkan pengawasan di sejumlah jalur perbatasan daerah di Sumbar.

"Tentunya pengamanan di perbatasan juga ditingkatkan, kami tengah merumuskan pola pengamanan, secara teknis tidak dapat kami jelaskan namun yang jelas tujuannya untuk pengamanan," ucapnya lebih lanjut.

Oleh sebab itu, pihaknya menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mempercayakan sepenuhnya kepada kepolisian ang bekerjasama dengan TNI dan pemerintahan.

"Masyarakat kami himbau untuk tetap tenang dengan situasi yang berkembang, yang jelas kosntrasi kami (polisi) tidak terganggu, apalagi memasuk Ramadan ini. Begitu juga untuk pengamanan Objek vital dan tempat ibadah tetap menjadi fokus kami," cetus Kombes Pol Djihartono

Lebih lanjut Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Syamsi menjelaskan terkait pengamanan di Mako Polda Sumbar sesuai dengan SOP. Bagi setiap tamu akan dilakukan pemeriksaan baik kendaraan maupun barang bawaan. "Jika dinyatakan aman maka boleh masuk," ucapnya.

Diakuinya, meski saat ini sejumlah serangan terus terjadi di Mako Kepolisian. Untuk Polda Sumbar belum ditetapkan siaga satu namun peninkatan kewaspadaan.

"Situasi umah tetap (tidak siaga satu) namun sistem yang lebih ditingkatkan lagi, termasuk halnya pengamanan di tempat ibadah," sebutnya.

Kabid Humas Polda Sumbar mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik dengan kondisi yang ada saat ini.

"Masyarakat jangan takut dan khawatir, termasuk halnya jika ada hal yang mengkhawatirkan untuk segera melaporkan kekepolisian," ucapnya.

Sementara itu, Kapolreta padang AKBP Yulmar menyebutkan meski saat ini Mako terus dilakukan peningkatan pengamanan. Namun untuk pelayanan masyarakat tetap dilakukan.

"Untuk antisipasi memang sudah kami lakukan semenjak beberapa waktu ini sesuai intruksi Kapolri dan Kapolda, untuk kunjungan, pola yang dilakukan lebih diperketat namun pelayanan tetap, yang penting kami terus berupaya mengantisipasi dan tetap waspada," sebut Kapolresta Padang itu.

Untuk prsonil pengamanan, AKBP Yulmar menyebutkan ada penambahan personil terutama di tempat rawan dan penebalan pengamanan di Polres dan Polsek.

"Ada penambahan 200 personil pengamanan, penebalan di Mako Polres dan Polsek. untuk penjagaan Polres ada penambahan 50 personil," ungkap AKBP Yulmar. (cr17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yusafni Didapati Keluar Rutan Tanpa Pengawalan

Yusafni Didapati Keluar Rutan Tanpa Pengawalan Klarifikasi : Kakanwil Kemenkum dan Ham Sumbar, Dwi Prasetyo Santoso (Tengah) di dampin...